27 Desember 2007

Jaka Tarub dan handycam

Jaka Tarub dan handycam (spidol, pensil warna)

Masih inget cerita tradisional Jaka Tarub dan tujuh bidadari? Generasi 70-an dan 80-an mungkin masih banyak yang mengenal cerita ini, kisah seorang pemuda yang berhasil memperistri seorang bidadari dari Kahyangan gara2 dia nyembunyiin baju bidadari yang lagi mandi..nama bidadari itu Nawang Wulan. Karena gak pake baju bidadari, Nawang Wulan gak bisa kembali ke Kahyangan.

Singkat cerita mereka menikah dan hidup bahagia serta kecukupan karena Nawang Wulan memiliki kekuatan gaib seorang bidadari, dia bisa masak nasi cuma dengan beberapa bulir padi..hebat yah..tapi ada syaratnya ; tidak seorangpun boleh melongok, mengintip, melihat isi periuk katika Nawang Wulan sedang memasak.

Satu ketika entah sengaja atau tidak, Jaka Tarup yang kelaperan membuka tutup periuk yang sedang dimasak diatas tungku dan dia sangat terkejut demi melihat beberapa bulir padi terbang melayang2 dalam periuk. Perbuatan jaka Tarub diketahui oleh Nawang Wulan dan semenjak saat itu dia kehilangan kekuatan gaibnya dan mulai hidup seperti manusia lainnya, otomatis padi di lumbung mereka cepat habis dan ternyata Jaka Tarub menyembunyikan baju bidadari Nawang Wulan di dasar lumbung, karena padinya diambil mulu jadi ketahuan deh...

Singkat cerita lagi, Nawang Wulan kembali ke Kahyangan meninggalkan Jaka Tarub....

Kacian deh luuuuu....


3 komentar:

  1. hebat pakde.karya2mu keren...

    BalasHapus
  2. makaciiihhh....sekedar memanfaatkan energi yang berlebih..

    BalasHapus
  3. perasaan nenek saya ceritanya beda... jaka tarub tinggal daerah mana? depok apa kota?, mau nge-cek langsung

    BalasHapus